DAFTAR ISI KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI iii BAB I PENDAHULUAN 1 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 4 2.1. Pengertian Sistem Informasi Pembelian 4 2.1.1. Pengertian Sistem 4 2.1.2. Pengertian Informasi 6 2.1.3. Pengertian Sistem Informasi 6 2.1.4. Pengertian Pembelian 7 2.2. Siklus Hidup Sistem Informasi 7 2.3. Prosedur Pembelian dan Fungsi-Fungsi Bagian Terkait 9 2.3.1. Sistem Informasi Pembelian 9 2.3.2. Fungsi-Fungsi Bagian Terkait 13 2.4. Flowchart dan DFD 14 2.5. Database 16 2.6. Normalisasi 17 2.7. Key 18 2.8. Bahasa Pemrograman Visual Basic 19 2.9. Kamus Data 20 2.10. Gambaran Umum Perusahaan 20 2.10.1. Sejarah Singkat Perusahaan 20 2.10.2. Struktur Organisasi 21 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 25 3.1.1. Teknik Pengumpulan Data 25 3.1.2. Analisa Sistem Berjalan 26 3.1.2.1. Analisa Dokumen Masukan 26 3.1.2.2. Analisa Prosedur 28 3.1.2.3. Analisa Laporan - Laporan 30 3.2. Metode Perancangan 30 3.2.1. Data Flow Diagram (DFD) 30 3.2.2. Perancangan Kamus Data 33 3.2.3. Perancangan Output 34 3.2.4. Perancangan Input 36 3.2.5. Perancangan Database 38 3.2.5.1. Normalisasi 40 3.2.5.2. Relasi 41 3.2.6. Perancangan User Interface 42 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 43 4.2. Pembahasan 49 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 51 5.2. Saran 51 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 2.1. Siklus Hidup Sistem Informasi 7 Gambar 2.2. Simbol Flowchart 15 Gambar 2.3. Simbol Data Flow Diagram 16 Gambar 2.4. Struktur Organisasi PT. 22 Gambar 3.1. Dokumen Surat Permintaan Pembelian 26 Gambar 3.2. Dokumen Laporan Penerimaan Barang 26 Gambar 3.3. Dokumen Retur Pembelian 27 Gambar 3.4. Dokumen Kartu Utang 27 Gambar 3.5. Flowchart Prosedur Pembelian 29 Gambar 3.6. Laporan Pembelian Barang Harian 30 Gambar 3.7. Diagram Konteks Sistem Pembelian Yang Diusulkan 30 Gambar 3.8. Data Flow Diagram Level 0 Sistem Pembelian Yang Diusulkan 31 Gambar 3.9. Data Flow Diagram Level 1 Diagram 1 32 Gambar 3.10. Data Flow Diagram Level 1 Diagram 2 32 Gambar 3.11. Data Flow Diagram Level 1 Diagram 3 33 Gambar 3.12. Laporan Pembelian Per Barang 34 Gambar 3.13. Laporan Pembelian Per Supplier 35 Gambar 3.14. Laporan Retur Pembelian Per Barang 35 Gambar 3.15. Laporan Retur Pembelian Per Supplier 36 Gambar 3.16. Tampilan Input Data Barang 36 Gambar 3.17. Tampilan Input Data Supplier 37 Gambar 3.18. Tampilan Input Pembelian 37 Gambar 3.19. Tampilan Input Retur Pembelian 38 Gambar 3.20. Relasi Dalam Sistem Pembelian 41 Gambar 3.21. Menu Program 42 Gambar 4.1. Menu Utama Program 43 Gambar 4.2. Submenu Master 44 Gambar 4.3. Submenu Transaksi 44 Gambar 4.4. Submenu Laporan 45 Gambar 4.5. Proses Data Supplier 45 Gambar 4.6. Proses Data Barang 46 Gambar 4.7. Proses Data Pembelian Barang 46 Gambar 4.8. Proses Data Retur Pembelian Barang 47 Gambar 4.9. Laporan Pembelian per Barang 47 Gambar 4.10. Laporan Pembelian per Supplier 48 Gambar 4.11. Laporan Retur Pembelian per Barang 48 Gambar 4.12. Laporan Retur Pembelian per Supplier 49 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 3.1. Struktur Database Tabel 3.2. Struktur Database Barang 39 Tabel 3.3. Struktur Database Faktur Pembelian 39 Tabel 3.4. Struktur Database Retur Pembelian 40 DAFTAR LAMPIRAN Listing Program Daftar Riwayat Hidup Surat Keputusan Dosen Pembimbing Berita Acara
ABSTRAK
DAFTAR GAMBAR v
DAFTAR TABEL vii
DAFTAR LAMPIRAN viii
Latar Belakang 1
Permasalahan dan Pembatasan Masalah 2
Tujuan 2
Manfaat 2
3.1. Metodologi Analisis Kebutuhan Sistem Informasi 25
4.1. Hasil 43
5.1. Kesimpulan 51
DAFTAR PUSTAKA
Supplier 38
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Blog Archive
Mengenai Saya
Diberdayakan oleh Blogger.
Pengikut
23.20
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar